Pra Proposal

Pemanfaatan Media Internet Sebagai Media Penyebaran dan Pusat Informasi untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan di Kabupaten OKU Selatan

Provinsi Sumatera Selatan

Oleh : Rohman, S.Pd *)

A. Latar Belakang

Usaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pemerataan pendidikan dengan berbagai inovasi telah dilakukan semenjak Indonesia merdeka. Namun usaha tersebut belum disokong sepenuhnya oleh sistem dan pendanaan yang memadai sesuai kebutuhan, sehingga mengakibatkan berbagai dampak yang selama ini terjadi. Pengembangan dan pemerataan pendidikan merupakan amanat yang harus dilaksanakan karena telah menjadi suatu kewajiban Pemerintah khususnya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan yang berjarak + 300 km sebelah selatan provinsi Sumatera Selatan, merupakan daerah yang geografisnya berupa daerah perbukitan dan berada pada dataran tinggi, memiliki 50 Sekolah Menengah Pertama dan 20 Sekolah Menengah Atas yang tersebar di 18 kecamatan yang ada. Hubungan dari satu daerah dengan daerah lain maupun ke Ibukota Kabupaten sangat sulit dijankau, karena jarak cukup jauh rata-rata + 30 km dan kebanyakan terletak didaerah perbukitan. Hal ini menyebabkan penyebaran informasi selalu mengalami keterlambatan dikarenakan selalu melalui transportasi darat ( mobil dan sepeda motor) sehingga berdampak negatif terhadap peningkat kualitas pendidikan dikabupaten OKU Selatan.

Untuk mengatasi berbagai kendala diatas perlunya dilakukan terobosan untuk mencari solusinya, salah satunya adalah dengan pemanfaatan media internet. Internet merupakan jendela dunia tanpa batas. Melalui internet dapat diperoleh beraneka ragam informasi, mulai dari dunia pendidikan, politik, ekonomi, sosial, hiburan, bahkan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). Dengan berpusat dikantor Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten untuk penyebaran informasi yang bisa langsung diakses oleh sekolah-sekolah yang ada dibawah naunganya. Bahkan tidak terbatas pada penyebaran informasi saja, dengan internet dapat berinteraksi langsung bagi guru dan siswa tanpa terbatas pada ruang dan waktu. Dengan menggunakan mesin pencari (search engine) Google yang terdapat dalam internet kita akan mudah mendapat informasi yang kita inginkan dalam hitungan detik saja. Materi-materi pelajaran ataupun informasi yang berhubungan terhadap dunia pendidikan ( standar kelulusan, kisi-kisi ujian nasional, buku gratis, dll) baik dari Dinas Pendidikan untuk sekolah-sekolah dan guru, bahkan dari guru untuk siswa yang dibuat dalam bentuk Web, Blog, Wordpress atau dalam bentuk lain dengan mudah ditemui dan dapat diambil (download ), untuk informasi atau petunjuk langsung dapat melalui videoferent/telekonferent tanpa harus tatp muka langsung. Pengunaan internet juga dapat mempermudah jalur birokrasi misalnya pelaporan-pelaporan dari sekolah-sekolah ataupun peneyelasai administrasi dapat diselesaikan dalam satu proses registrasi saja, apalagi didukung dengan sistem online.

B. Identifikasi Masalah dan Pembatasan Masalah

Berdasarkan latar belakang diatas, maka timbul masalah-masalah sebagai barikut :

1. Apa definisi dan fungsi internet

2. Bagaimana pemanfaatan internet sebagai penyebar dan pusat informasi

3. Apa saja perangkat-perangkat pendukung dalam penggunaan internet

4. Bagaimana usaha mempopulerkan penggunaan internet disekolah-sekolah.

Pembatasan masalah hanya pada masalah pemanfaatan internit untuk media penyebaran dan pusat informasi.

C. Perumusan Masalah

” Bagaimana pemanfaatan internet sebagai media penyebaran dan pusat informasi untuk peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten OKU Selatan ”

D. Tujuan

1. Menjelaskan dan menggambarkan secara utuh tentang pemanfaatan media internet untuk penyebaran dan pusat informasi.

2. Meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan.

E. Manfaat

1. Memberikan kemudahan untuk mendapatkan dan menyebarkan informasi

2. Membantu pelaporan dan penyelesaian administrasi dengan cepat dan efisien

F. Metode Penelitian

Metode penelitian yang digunakan adalah development research dengan tahapan-tahapan :

    1. Tahap Persiapan
    2. Tahapan Pelaksanaan
    3. Tahap Penyelesaian
    4. Pengumpulan data

Komentar

Postingan Populer